Tuesday 18 April 2017

Kunci Mobil Hilang, Panggil tukang kunci dengan biaya RM300

Assalamualaikum Wr. Wb. & Selamat Sore Manteman,

Jumpa lagi!! Kali ini saya akan berbagi info & cerita soal pengalaman mengganti kunci mobil yang hilang. Terus terang saya bukan maling, juga bukan tukang kunci jadi tentu saja saya tidak bisa menyelesaikannya sendiri dan perlu memanggil tukang kunci mobil panggilan untuk membantu mengatasi masalah ini. Mari kita simak ceritanya.

Semuanya bermula saat seorang teman yang bakal balik ke kampung halamannya selama 5 bulan lalu menitipkan mobilnya (Proton Persona) kepada saya untuk dipanaskan sekali sekala agar akinya tidak habis jika tidak digunakan. Niat hati membantu, eh rupanya cobaan yang didapat. Kunci mobilnya hilang jelang 1 bulan dia kembali lagi ke Kuala Lumpur. Saya coba menghubungi kawan saya, berharap ada kunci cadangan yang dia simpan di rumahnya atau di kantornya,  naasnya dia dan kantornya juga tidak memiliki kunci cadangan. Mau tidak mau kudu cari tukang kunci di kawasan terdekat dari rumah saya.

Bergugling ria di internet mencari tukang kunci mobil panggilan tidaklah mudah, karena ada yang sepertinya meyakinkan juga ada yang harganya kemahalan. Dimulai mendapat tawaran harga dari RM400 hingga yang terakhir sekali yaitu RM350. Saya merasa harganya masih mahal, akhirnya saya terus mencari cari dan mencari. Alhamdulillah akhirnya berhasil menemukan tukang kunci melayu yang menawarkan di harga terendah yaitu RM300 (sekitar Rp.1juta) setelah lewat negosisasi yang alot, terlebih kunci mobil jenis ini terdapat chip yang dimasukkan di dalamnya.

Tanpa pikir panjang saya iyakan tawaran itu di hari Jumat pagi. Dan dia berjanji akan mengirim teknisinya setelah sholat jumat. Akhirnya saya tunggu teknisinya di kedai yang berdekatan dengan mobil yang kawan saya ini. Tak lama berselang seseorang yang mengaku sebagai teknisi kunci ini menelpon saya dan mengabarkan bahwa dia sudah di lokasi.

Tak saya sangka, bayangan saya dia akan membawa mobil atau peralatan yang ukurannya besar, rupanya pemuda ini hanya naik sepeda motor Jupetir (sengaja diubah namanya), dengan tas, serta box sepeda motor yang biasa diletakkan di bagian belakang jok (seat). Lalu pemuda ini segera melihat kondisi mobil dan mengeluarkan peralatan terkait untuk membuka pintu mobil.

Dikeluarkannya alat yang menyerupai alat pengukur tensi darah manusia yang diselipkannya dan dipompanya untuk membuat sela diantara pintu mobil. Setelag terdapat celah, barulah dia menggunakan kawat untuk menarik tombol kunci yang ada di pintu mobil. Cekleekkk!! Pintu langsung terbuka. Sebentar saja!! tidak lebih dari 1 menit. (sengaja tidak saya foto hehehe). Lalu dibukanya rumah lubang kunci di bagasi mobil untuk dipakainya mengukur kikiran kunci yang diperlukan. Nampak tak begitu susah dia melakukannya, kurang dalam setengah jam pemuda ini dapat membuat kunci.

Lalu diprogramnya kunci mobil yang dibuatnya itu menggunakan alat serupa macam GPS seukuran Ipad (entah apa namanya) yang disambungkan dengan kabel mobil di bagian stirnya. Jika tidak, maka kunci tidak akan terdeteksi (bunyi beep beep beep) dan mesin tidak dapat menyala. Rasanya alat ini dan chipnya yang membuat jasa tukang kunci mobil panggilan ini cukup mahal. Memang saat bernegosiasi di telepon dia menyebut jika harga akan menjadi setengahnya jika kunci mobil yang dibuat tidak perlu menggunakan chip (ini juga tergantung pada jenis mobil anda). Alhamdulillah walopun mobil tidak dipanaskan 14 hari, namun aki masih dapat mengeluarkan arusnya dan mobil dapat distarter tanpa ada masalah.

Namun sayang seribu sayang ada sedikit masalah pada rumah kunci di bagian pintu, kunci yang sudah dibuat tidak dapat digunakan mengunci/membuka pintu, alias hanya bisa dipakai untuk menghidupkan mesin saja. Akhirnya pemuda ini menyerah dan mengajak saya datang ke kedainya untuk dilakukan operasi yang lebih insentif, mengingat peralatan yang dia bawa terbatas.

Saya langsung tancap gas menuju kedai dia di Kampung Melayu Subang dengan mengekori dia dari belakang. Tak sampai 15 menit saya sudah sampai di lokasi. Dan Wow!! rupanya kedai nya lengkap walopun tidak terlalu besar. Customernya pun ramai, ada yang order kunci rumah, gembok, kunci mobil Alpraat, Van dan banyak lagi. Letaknya di persimpangan jalan.
Ini dia kedainya. SOrry kalo gambarnya exposurenya tinggi.

Akhirnya mobil saya ditangani oleh teknisi yang lebih senior, tak sampai 15 menit dia membuat kunci baru dan dapat dipergunakan di seluruh bagian kunci mobil. Tanpa ba bi bu, saya terus bayar sesuai dengan harga yang kita sepakati di telepon walopun ada kerugian yang saya tanggung karena akhirnya saya harus datang juga ke kedainya untuk mendapatkan kunci. Tapi tetap Alhamdulillah, karena itu yang termurah dan saya juga tidak perlu mengganti aki mobil yang rupanya belum rusak.
Teknisi senior sedang mebuatkan kunci mobil saya, tidak kurang dari 15 menit masalah sudah selesai, tentu saja semua atas bantuan Allah SWT.

Nah buat kamu yang belum punya kunci mobil cadangan, buruan segera bikin. Jika tidak, yah silahkan menanggung biaya sebesar yang saya sebutkan diatas. Dan kamu tidak perlu was was kalo aki mobil bakal kosong karena mobil tidak dipanaskan selama masa pencarian mencari tukang kunci mobil panggilan.
Silahkan disimak sendiri kwitansi pembayaran. Menurut saya kedai ini sangat recommended. (ini bukan cerita berbayar lho ya hehehe). Sorry gambarnya terbalik.

Ok. Itu saja cerita dari saya. Kita ketemu di cerita dan pengalaman selanjutnya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih dan Wassalamualaikum Wr.Wb. Terima Kasih

No comments:

Post a Comment